Social Games: Tren Baru Industri Game


Resesi global yang terjadi di tahun 2008 hingga pertengahan 2009 nyaris merontokkan Yahoo,General Motors, Toyota dan beberapa perusahaan besar lainnya, Tapi industri game tetap semarak dan nyaris tak terpengaruh. Hal ini mengisyaratkan bahwa tak ada resesi untuk kesenangan dan hobi. Lebih menakjubkan, industri game bisa menciptakan tren baru disaat yang lain berjuang mati-matian menghindari jurang kebangkrutan.farmville-499x392

Game genre terbaru ini disebut SOCIAL GAME karena dimainkan oleh orang yang saling kenal melalui situs jejaring sosial seperti Facebook,MySpace, Bebo dll. Tahun lalu pengguna social game baru 50 juta orang. Tapi sekarang jumlahnya membengkak lebih dari 300 juta orang. Itu artinya meningkat 600% dalam kurun waktu satu tahun. FANTASTISS.. !

socialgames-stat

Mark Pincus adalah lelaki yang pandai membaca situasi ini. Ketika popularitas Facebook merangkak naik, Ia mencari akal untuk mendompleng sukses. Ia membuat perusahaan Zynga dan melahirkan game Texas Hold ‘Em, FarmVille, Mafia Wars dll yang fenomenal.

Kisah serupa juga dialami Kristian Segerstrale ketika mendirikan Playfish dengan Pet Society dan Restaurant City yang juga menuai sukses. Saat ini Zynga, bersama Playfish, dan Playdom adalah tiga produsen social game paling populer.

Dengan perkembangan jumlah pemakai yang luar biasa, para produsen social games mulai menuai sukses. Dari ketiga produsen terkemuka tersebut, total tak kurang US$ 300juta berhasil di raup dari hasil penjualan virtual goods seperti coin, experience, dan atribut-atribut lainnya.

Perputaran dana di industry ini diyakini akan terus berkembang. Beberapa investor dan perusahaan yang lebih mapan seperti Electronic Arts (EA) siap mengucurkan dana tak kurang dari US$ 400juta di tahun 2010. Berdasarkan estimasi tersebut, total nilai bisnis dari ketiga produsen Social Games tersebut di tahun 2010 diperkirakan nyaris menembus US$ 1 milyar. Luar biasa bukan? Dana sebesar itu cukup untuk membeli klub Premier League sekelas Chealsea, Liverpool, Arsenal atau Manchaster United sekalipun.

Kristian dan Pincus telah membuktikan bahwa industri kesenangan tak pernah lekang oleh krisis dan resesi.

Advertisements

11 thoughts on “Social Games: Tren Baru Industri Game

  1. neng oCHa

    industri game emang industri paling menjanjikan yaaaa, baik bagi developer nya, maupun bagi para usernya juga…hahahaha! dari mulai anak TK nol kecil aja pasti bisa main game, kan? segmen pasar dari game itu bisa menembus ke segala lapisan usia maupun tingkat sosial *eh*

    Reply
  2. danindra

    game juga yang bikin mata temen saya minus 5. hahahaha…
    tapi jan game itu kayak candu. bahkan katanya di USA sana kecanduan game sama levelnya dengan kcanduan alkohol dan kecanduan narkoba.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s