Browsing Internet Tanpa Browser


Sebenarnya, trik ini sudah lama saya gunakan kira-kira6-7 tahun yang lalu ketika masih kuliah. Saat itu di kampus saya, baru saja terpasang jaringan internet gratis untuk mahasiswa. Salah satu tempat favorit saya adalah lab komputer di lantai 2 Jurusan Teknik Fisika. Ada puluhan komputer di sana yang bisa digunakan untuk berinternet. Karena sering “disalahgunakan” oleh mahasiswa, akhirnya akses internet pun dibatasi dengan cara menonaktifkan software browser saat jam-jam tertentu sementara akses internet masih normal. Akses internet tidak diputus karena server utama yang menghubungkan semua akses ada di lab komputer

Calculator

Metode yang digunakan waktu itu cukup sederhana, yaitu blocking software browser. Yup, cuma blocking software namun koneksi masih bisa tersambung. Browser yang terinstall di masing-masing komputer adalah IE dan Netscape Navigator. Parahnya lagi, mahasiswa tidak diperbolehkan install software baru di komputer lab. Barang siapa melanggar aturan, akan dikenai sanksi tegas akademik. Wuih…bikin takut saja si Admin ini. Mungkin admin lab komputer bermaksud baik, yaitu mencegah penggunaan komputer dan akses internet pada jam-jam tertentu. Dasar saya mahasiswa yang suka mbalelo, maka dengan berbagai cara saya harus bisa mengakses internet.

Caranya? Sebenarnya sangat sederhana dan tidak membutuhkan tools khusus untuk menyiasatinya.
Windows sudah menyediakan semuanya. Berikut adalah cara yang saya gunakan beberapa tahun lalu untuk menyiasati pemblokiran software browser di lab komputer.

1. Buka aplikasi standar Windows seperti Calculator, Notepad, Wordpad, Paint atau yang lainnya. Atau bisa langsung akses menu Help and Support.

2. Pilih menu “Help” –> “Help Topic” pada aplikasi standar yang terbuka pada langkah pertama. Anda bisa mengabaikan langkah kedua jika Anda menggunakan menu “Help and Support” pada langkah awal

Help Topic

3. Setelah aplikasi “Help” terbuka, klik kanan area di sebelah toolbars windows (minimize, maximize, close)

4. Pilih Jump To URL

Jump to URL

5. Setelah muncul jendela baru, ketikan alamat website yang Anda inginkan pada kolom Jump to this URL. Alamat yang diketik harus lengkap dengan http://, misalnya http://www.sofyanr.com, bukan hanya http://www.sofyanr.com

6. Klik tombol OK dan setelah beberapa saat akan muncul halaman website yang kita kehendaki.

Browsing tanpa browser

Dengan cara tersebut, saya bisa mengakses internet secara normal meskipun tanpa menggunakan software browser seperti IE, atau Netscape Navigator yang sudah di blok atau di nonaktifkan oleh admin lab komputer. Saya bisa cek email, bisa lihat berita terbaru dari portal favorit saya, dan yang terpenting bisa hura-hura dan mencari bahan untuk tugas kuliah kapanpun saya menginginkan asal pintu lab komputer terbuka.

Selamat mencoba

Advertisements

4 thoughts on “Browsing Internet Tanpa Browser

  1. chodirin

    kalo saya gak pake browser bisa pake windows explorer mas… sebenarnya windows explorer fungsinya sama dengan internet explorer. coba aja..

    Reply
  2. sofyanr

    @ ogi wasem ik. Ngece…

    chodirin ya memang bisa. tapi waktu itu, windows explorer juga di blok pada jam-jam tertentu. Adminnya pelit banget!!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s