Social Commerce: Kolaborasi Social Media dan Ecommerce


Social Commerce Interaction Model

Baru saja saya menyaksikan sebuah video yang cukup menarik. Video yang di upload di Youtube tersebut berjudul: Good transparency,  Modern Retail. Video tersebut bercerita tentang bagaimana hubungan antara eCommerce dengan Social Media.

Video hasil kolaborasi GOOD MAGAZINE dan IBM ini dilengkapi dengan data-data penelitian terkini seputar ecommerce dan kebiasaan orang Amerika berbelanja secara online.

Beberapa point penting misalnya: orang AS yang berbelanja secara online mempunyai kecenderungan membagi informasi mengenai barang apa yang di beli beserta review singkat melalui melalui Social Media. Dan lebih dari 90% pembeli memanfaatkan review di web-web Social Media sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan transaksi pembelian.

Pada tahun 2008, ada 80 juta review yang berhubungan dengan produk yang dimuat di situs jejaring sosial, microblogging, blog, dll dan dibaca lebih dari 116 juta pembeli lainnya.

Itu artinya, social media memegang peran penting dalam penyebaran informasi dan meningkatkan penjualan sebuah produk. Kombinasi antara peran eCommerce dan interaksi sosial di dunia online inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya Social Commerce

Dan video lain yang tak kalah menarik menguraikan lebih jelas bagaimana Social Commerce bekerja.

Semoga bermanfaat

ps: image from ASEANTIC

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s