Social Games dan prospek pasar Virtual Goods


Beberapa bula lalu, saya pernah menulis tentang prospek bisnis Social Game yang cukup menjanjikan. Tingginya jumlah pemakai, provider dan jenis game ternyata juga diikuti dengan ledakan nilai bisnis Games di situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, dll

Sebuah fakta mengejutkan hadir pada minggu terakhir Media Summit 2010 di New York. Seorang juru bicara eBay, perusahaan induk Paypal, mengatakan bahwa Zynga merupakan merchant terbesar kedua Paypal pada tahun 2009, setelah eBay. Secara keseluruhan, Paypal menerima transaksi tak kurangĀ  dari $500 juta dari hasil penjualan barang-barang virtual (Virtual Goods). Data tersebut merupakan perkiraan analis Citi Markus Mahaney, yang menulis laporan pada Media Summit 2010 di New York.

Secara keseluruhan, Paypal menerima transaksi kurang lebih $60 Milyar per tahun dan sebagian besar berasal dari situs lelang nomor 1 dunia eBay. Sisanya, berasal dari ratusan ribu merchant yang menggunakan jasa Paypal. Yang menarik, Zynga produsen game FarmVille, FishVille, Mafia Wars, Texas Holdem dll baru hadir pada tahun 2008 dan berkembang sangat pesat hingga mampu mencetak transaksi fantastis dari Virtual Goods pada tahun 2009.

Zynga FarmVille

Zynga FarmVille

Berkaca pada fakta diatas, bisa disimpulkan bahwa Virtual Goods (barang-barang virtual) merupakan bisnis yang mempunyai prospek sangat bagus. Diperkirakan tahun 2010 dan selanjutnya, transaksi menggunakan mata uang virtual dan barang virtual terus meningkat. Kedua komponen ini, mata uang virtual dan barang virtual, lambat laun akan menjadi kekuatan ekonomi baru yang tak bisa di remehkan.

Yang perlu dicatat, pasar barang virtual adalah pasar yang relatif masih muda namun sudah menunjukkan perkembangan dan peran yang cukup signifikan. Secara pribadi, saya tak pernah membayangkan perkembagan pasar barang virtual melaju begitu cepat. Jauh melebihi perkiraan awal saya ketika menulis tren baru industri game yang lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s