Jalan-jalan ke Pulau Tidung


Jika Anda sedang di Jakarta dan mencari alternatif tempat berlibur, Pulau Tidung bisa jadi pilihan. Pulau Tidung adalah salah satu dari sekian ratus pulau yang masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu. Pulau Tidung mempunyai hamparan pantai dengan pasir putih yang bersih dan banyak terumbu karang yang eksotis.

Transportasi

Untuk menujuPulau Tidung, harus menyeberang menggunakan kapal. Ada 2 alternatif lokasi yaitu dari Muara Angke, atau Marina Ancol. Saya lebih memilih berangkat dari Muara Angke karena lebih banyak kapal yang berlayar. Kapal yang menuju Pulau Tidung pada hari biasa (SENIN – JUMAT) dari Muara Angke berangkat 1 kali yaitu jam 7 pagi. Sementara pada akhir pekan (SABTU – MINGGU) biasanya ada lebih dari 2 kali kloter keberangkatan. Jangan sampai telat…!!!

Untuk mencapai Pulau Tidung, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 33.000,- untuk naik kapal. Saya menyarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman karena perjalanan dari Muara Angke menuju Pulau Tidung memerlukan waktu sekitar 2,5-3 jam. Selain itu, minum juga obat anti mabuk jika Anda tipikal yang mudah mabuk.

Waktu Kunjungan

Meskipun Pulau Tidung bisa dikunjungi hampir sepanjang tahun, tapi warga setempat merekomendasikan untuk berkunjung antara bulan MEI – OKTOBER. Hal ini disebabkan kondisi cuaca yang cukup bagus untuk melakukan perjalanan di laut. Pada bulan NOVEMBER – MARET, badai dan ombak pasang sering terjadi dan cuaca lebih sulit diterka.

Makanan
Ada banyak warung makan di Pulau ini dan harganya cukup terjangkau. Beberapa warung makan bahkan ada yang sudah buka sejak pagi untuk melayani tamu sarapan. Salah satu makanan favorit saya selama kunjungan di Pulau Tidung adalah ikan bakar dan ikan asam manis. Rasa ikan yang masih segar benar-benar nikmat….!!!

Transportasi Lokal

Di Pulau Tidung tidak ada mobil atau angkutan umum. Transortasi menggunakan sepeda atau Kaisar (becak motor). Untuk sewa sepeda, dikenai biaya Rp 15.000,- per hari per sepeda. Jika menggunakan becak motor tarifnya Rp 5.000,- sekali jalan.

Penginapan

Jangan membayangkan Anda akan menginap di hotel berbintang dengan fasilitas kelas satu. Di Pulau Tidung, semua penginapan dimiliki dan dikelola oleh warga setempat. Mayoritas adalah homestay atau rumah yang disulap menjadi penginapan. Beberapa penduduk juga membangun penginapan khusus yang terpisah dari rumah mereka. Penginapan-penginapan ini bahkan memiliki fasilitas AC dan kamar mandi di dalam. Ada pula yang dilengkapi dengan televisi. Rata-rata harganya Rp 200.000 – Rp 400.000 per malam per kamar. Per kamar dapat memuat antara 4-8 orang. Penginapan selalu penuh pada akhir pekan.

Mau apa?

Selama di Pulau Tidung, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Hal paling mengasikkan yang bisa dilakukan adalah menyelam dan snorkeling. Banyak terumbu karang di sekitar pantai yang mempunyai view bagus. Sewa tabung dan baju menyelam sekitar Rp 300.000. Sementara alat snorkeling sekitar Rp 35.000. Harga tersebut belum termasuk sewa perahu seharga sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang.

Selain kegiatan tersebut, kita juga bisa melakukan aktivitas lain misalnya: bersepeda keliling pulau, berenang, menikmati matahari terbet dan terbenam, memancing, atau sekadar bermain pasir di tepi pantai.

Lain-lain
Saya menyarankan Anda membawa uang tunai lebih selama berada di Pulau Tidung karena di sana tidak ada mesin ATM atau Bank. Anda juga tidak bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Kita juga tidak akan tahu apa yang terjadi. Bisa jadi ada badai atau tertinggal kapal sehingga harus menginap lebih lama.

Untuk alat komunikasi, sinyal telpon seluler cukup memadai. Saya mencoba menggunakan 3 buah provider yaitu: XL, INDOSAT dan TELKOMSEL. Dari ketiganya, TELKOMSEL yang paling mantab. Bahkan hampir di semua area pulau masih bisa memperoleh sinyal 3G. Saya bisa menggunakannya untuk upload foto, update status FB, cek email atau sekadar berkicau di twitte. Untuk INDOSAT, saya hanya bisa mendapatkan sinyal GPRS. Sementara XL, saya tidak memperoleh sinyal sama sekali.

 

Advertisements

One thought on “Jalan-jalan ke Pulau Tidung

  1. Idwan

    Minta info dong kalau naik perahu dari Marina Ancol kira2 ada nya jam brp dan hari apa aja dan harganya berapa per/orang?
    Dan dimana letak persisnya tempat penyewaan sepeda?
    Dan dimana tempat untuk menyewa alat snorkling?
    Saya takut kalau bawa teman “bule” saya ke sana nanti semua harga menjadi harga “spesial” (mahal) kalau ada bule nya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s