Berbagi tentang 'Social Media' di Santika Premier Semarang


Rabu 23 Desember 2009 lalu, saya, didut dan wiwik di undang oleh pihak manajemen Hotel Santika Premier Semarang untuk ngobrol tentang Social Media. Acara dihadiri hampir seluruh kepala departemen di Hotel Santika Premier Semarang yang jumlahnya kurang lebih 12-15 orang.

Social Media, Facebook, dan twitter adalah tiga kata yang popularitasnya terus menanjak. Jika kita mengetikkan ketiga kata tersebut di searh engine seperti Google, kita akan memperoleh hasil yang menakjubkan. Lebih dari 2 Milyar untuk ‘facebook’, 1 milyar lebih untuk twitter dan ratusan juja untuk kata ‘social media’ terlacak oleh Google. Luar biasa…!!!!

Why should we care Social Media?

Pertama, social media banyak digunakan di seluruh dunia, bukan hanya di Amerika atau Eropa. Bahkan negara yang sedang berkembangpun tak luput dari gelombang besar social media.

Kedua, social media mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam hal penyebaran informasi. Cerita tentang 1 juta pendukung facebooker mendukung KPK, 1juta facebooker mendukung Prita, kasus Luna Maya, dll adalah beberapa contoh nyata bagaimana kekuatan social media menyebarkan informasi. Lebih cepat dari penyebaran melalui media mainstream seperti majalah, koran, TV atau radio. Selain itu, social media mempunyai kekuatan word of mouth yang luar biasa.

Ketiga, social media membuka sekat-sekat hambatan komunikasi online. Dengan menggunakan social media, kita bisa saling bertegur sapa, saling berkomentar dan berkomunikasi. Jika keunggulan ini bisa dimanfaatkan secara tepat, perusahaan atau siapapun bisa membangun komunikasi dua arah yang efektif. Sekarang eranya komunitas full duplex (dua arah), bukan satu arah. Menurut data Nielsen, Trust in Advertising Report yang di terbitkan tahun 2007 menyatakan bahwa 78% orang akan mempercayai rekomendasi dari teman terdekat. Model advertising sebelumnya adalah komunikasi satu arah. Tapi, sejak kemunculan social media, model komunikasi berubah menjadi dua arah dan bersifat lebih personal dan manusiawi.

Keempat, social media mampu mempengaruhi bisnis. Social media ibarat pedang bermata dua. Ia bisa menjadi surga sekaligus neraka jika tidak digunakan secara bijaksana. Pengguna social media membincangkan produk, layanan atau brand secara jelas atau tersamar. Dan yang perlu diingat, berita negatif lebih mudah menyebar daripada berita positif. Dengan kekuatan penyebaran informasi yang begitu kuat, social media akan mempengaruhi bisnis di masa mendatang

social media impact

Kelima, pengguna social media berharap mereka juga menemukan Anda di social media. Hasil penelitian Business in Social Media yang dirilis Sepetember 2008 mengungkapkan bahwa, 93% pengguna social media mengharapkan mereka menemukan Anda di sana. Entah itu atas nama produk, brand, layanan atau individual. Dengan kata lain, social media menuntut Anda berpartisipasi aktif, bukan hanya menjadi looker.

Dengan mempertimbangkan data dan fakta diatas, semoga bisa menjadi bekal yang bermanfaat bagi kita semua untuk menghadapi gelombang besar yang bernama social media.

Terimakasih…

Advertisements

4 thoughts on “Berbagi tentang 'Social Media' di Santika Premier Semarang

  1. neng oCHa

    sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial adalah keinginan untuk berinteraksi dengan orang lain. dan kebanyakan orang memang interest dengan segala hal baru yang didapatkannya. begitu pula dengan kesempatan untuk bertemu dengan orang baru, di ranah sosial dunia maya (ata nyata, ya?)
    hehehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s