Catatan Kopdar Lintas Komunitas di Semarang


PERINGATAN: Saya tidak di bayar oleh provider tertentu atau panitia sebuah hajatan nasional bernama untuk posting ini. Postingan ini saya dedikasikan untuk teman-teman dari berbagai daerah yang sudah bersedia berkunjung ke Semarang

Presentasi Teknis XL

Jadi ceritanya, Sabtu dan Minggu (7-8 Agustus 2010) kemarin, Semarang kedatangan ratusan bloger dan onliner dari berbagai daerah di Indonesia. Acara bertajuk Silaturahmi XL & Bloggers berhasil mengumpulkan teman-teman dari Jogja, Jakarta, Malang, Surabaya, Lampung, Depok, Bekasi, Makasar, dan Semarang.

Acara di adakan di Hotel Gumaya mulai pukul 09:00 – 12:30. Sesi pertama berupa pemaparan mengenai kesiapan XL dalam menghadapi mudik 2010 yang tinggal menghitung hari. Sejujurnya saya kurang begitu paham dengan istilah-istilah teknis. Inti dari presentasi yang bisa tangkap adalah kesiapan XL menghadapi lonjakan trafik menjelang lebaran dan pasca lebaran. Banyak perbaikan yang sudah di lakukan. Di sini terlihat bahwa XL mempunyai komitmen penuh melayani memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya

Di sesi pertama ini, sebuah kejutan luarbiasa terjadi. Untuk pertama kalinya selama 8 tahun terakhir saya bertemu dengan teman sebangku ketika masih di SMA yang sekarang bekerja di XL. Dan saya yakin, pertemuan itu sebagai sebuah pertanda bagus

Tentang Pesta Blogger

Setekah sesi diskusi tentang kesiapan XL menyambut lebaran usai, giliran sesi sharing dan diskusi tentang Pesta Blogger 2010. Usut punya usut, acara kali ini merupakan bagian dari acara Pesta Blogger. Dari pemaparan Rara selaku Ketua Panitia PB 2010 dan Ndorokakung, cukup jelas beberapa agenda PB yang akan dilaksanan, meliputi Road Show, Blogshop, Gathering Nasional, lomba, dll. Jadi, acar Roadshow kali ini ada bagian awal dari PB 2010 yang puncaknya akan di gelar bulan Oktober 2010 nanti. Harapan pribadi saya semoga PB 2010 bisa lebih baik dan lebih bermanfaat dari edisi sebelumnya.

Debat pro dan kontra seputar PB memang sedang memanas, namun secara pribadi saya berdoa semoga panitia PB bisa menampung aspirasi dari berbagai sumber termasuk yang kontra. Perbedaan pendapat itu anugerah dan patut disyukuri. Mudah-mudahan teman-teman yang terlibat di PB bisa menanggapi dengan bijaksana dan dewasa. Dan pihak yang kontra bisa memberikan alternatif dan usul nyata, demi perkembangan di Indonesia.

Sharing dan Silaturahmi Antar Komunitas

Saya kira, sesi sharing antar komunitas ini yang paling penting. Melalui sesi ini, semua komunitas yang hadir diberikan kesempatan untuk bercerita tentang komunitas masing-masing. Komunitas yang hadir di acara XLnetrally kali ini cukup banyak.

Dari luar kota tercata hadir Seruit (Lampung), Anging Mamiri (Makassar), Kopdar Jakarta, Blogger Bekasi, deBlogger (Depok), Bandung Blog Village, Tugu Pahlawan (Surabaya) , Komunitas Blogger Sragen, Cah Andong & JogTUG (Yogyakarta)  dan Ngalam (Malang)

Dari dalam kota Semarang hadir: Loenpia, Dot Semarang, RoTIFreSh, SamTUG, Facebook Semarang(ku), Visit Semarang, Internet Club, DINUS Open Source Community, NasiKucing, AIESEC UNDIP (mohon maaf kala ada yang terlewat)

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah kehadiran Pak Basuki dari komunitas tuna netra semarang Sahabat Mata. Beliau bercerita banyak hal tentang pemanfaatan Blog dan teknologi untuk mendukung kegiatan Komunitas Sahabat Mata. Melalui Blog, kawan2 Sahabat Mata bisa berbagi informasi, kegiatan, dan acara amal. Sangat menginspirasi…!!! Ditengah keterbatasan fisik, mereka masih bisa berkarya.

Media Promosi Wisata

Mewakili Visit Semarang, saya tidak mensia-siakan kesempatan langka ini. Di sesi ini saya berusaha mempromosikan Semarang sebagai salah satu tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kebetulan saat itu di semarang sedang ada hajatan yang sudah berumur ratuisan tahun, yaitu perayaan Dugderan yang ke 120 dan perayaan 605 tahun Chen Ho. Sebuah momen yang sayang untuk di lewatkan.

Berkat provokasi saya, akhirnya beberapa panitia PB bersedia memperpanjang waktu kunjungan di semarang untuk mengunjungi beberapa tempat yang saya rekomendasikan. Harapan saya, mereka bersedia menceritakan ulang kepada yang lain tentang obyek-obyek wisata di Semarang yang menarik untuk di kunjungi seperti Lawang Sewu, Pecinan, Kota Lama, Sam Po Kong, perayaan Sam Po TayDjien, Wisata Kuliner dll

Kesimpulan

Secara keseluruhan acara kali ini saya nilai sudah melebihi ekspetasi awal. Semula saya mengira, acara ini sebagai ajang silaturahmi dan kumpul-kumpul biasa, tapi kenyataannya lebih dari itu, paling tidak bagi saya secara pribadi:

  • Menambah kenalan dari teman-teman lain dari berbagai kota. Bisa mengenal lebih dari 100 blogger dalam satu waktu adalah anugerah yang tak ternilai
  • Kembali dipertemukan dengan teman SMA yang selama 8 tahun tidak bertemu. Benar-benar sebuah kejutan luar biasa
  • Ajang promosi Wisata Semarang.Ini sebenarnya misi pribadi. heheh… karena tidak ada hal yang tidak bebas dari kepentingan

Jadi, saya merasa sangat beruntung bisa menghadiri acara XLnetrally kali ini karena terbukti bisa bermanfaat bukan hanya secara individu, tapi juga komunitas dan promosi yang cukup bagus bagi wisata Semarang. Meskipun secara fisik sudah cukup terkuras berbagai kegiatan termasuk menyiapkan acar Berbagi Ilmu Gratis, saya tetap berusaha datang. Hadir sebagai peserta sekaligus menjadi pemandu wisata dadakan menyusuri Pecinan, Warung Semawis, dan Kota Lama

Sekali lagi saya mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran teman-teman yang sudah meluangkan waktu berkunjung ke Semarang. Dan semoga tidak bosan mengunjungi Kota Semarang.

Pic: Anno@hyudee Slam

5 thoughts on “Catatan Kopdar Lintas Komunitas di Semarang

  1. Pingback: Road Trip To PB2010+

Leave a Reply

