Durian Runtuh dari Ghana


Musim pemilu identik dengan musim tebar pesona, kampanye dan sampah iklan. Selain itu, pemilu merupakan ladang empuk bagi para broker politik, pengusaha kaos, pemilik percetakaan atau media massa untuk mendulang rupiah. Freelancer seperti saya pun bisa memperoleh rejeki nomplok karena musim pemilu. Anehnya, saya mendapat durian runtuh bukan karena maraknya pilkada di tanah air yang menghabiskan dana triliunan rupiah. Saya dapat durian tuntuh kaena adanya musimnya pemilu di negara yang jauh di benua Afrika: Ghana! Mau tahu kisah selanjutnya?

Setahun silam saya berkorespondensi dengan broker politik di Ghana yang berdomisili di Amerika. Saya tidak begitu yakin apakah dia warga Amerika atau warga imigran dari Ghana. Hanya dua yang selalu bisa saya ingat. Negosiasi yang menguntungkan dan naman klien yang susah dieja karena penuh huruf konsonan. Mau tahu selengkapnya.

Waktu itu saya dan Shanonn, sedang diskusi hal yang tak penting tentang hosting dan server yang digunakan untuk toko onlinenya. Shanonn adalah klien lama yang sudah beberapa kali bermitra bisnis. Setelah sempat salah pengertian akibat bahsa Inggris saya yang cupet, akhirnya diambil keputusan: melakukan ujicoba sebulan menggunakan Shared Hosting dari Hostgator. Jika tidak memuaskan beralih ke Dedicated Server.

Setelah sebulan evaluasi, Shanonn kembali mengontak saya untuk melakukan migrasi dari Hostgator ke Dedicated Server. Hampir seminggu baca referensi ini itu akhirnya selesai juga migrasi dari Hostgator ke Dedicated Server. Bikin deg-degan karena itu pertama kalinya saya mengerjakan migrasi website dari Share Hosting ke Dedicated Server. Alhamduillah, migrasi berjalan lancar dan sukses.

Beberapa hari kemudian, Shanonn kembali mengontak saya dan membawa kabar gembira. Kali ini dia mengenalkan saya dengan broker politik dari Ghana yang namanya susah untuk dieja karena penuh dengan huruf mati: NWANKWO NKWANI bla…bla…bla…. Biar mudah mengingatnya, saya menyebutnya KWENI (ada yang familiar dengan kata KWENI????).

Setelah cas cis cus sebentar, si broker politik ini mengungkapkan keinginan untuk membuatkan web yang behubungan dengan politik. Pada walnya saya kurang begitu tertarik dengan yang berhubungan dengan politik. Tapi akhirnya saya ambil juga setelah si Kweni (maaf…saya susah megingat dan mengeja namanya yang penuh huruf mati) menyebutkan anggaran yang susah saya tolak: $X!!!! Mungkin itu jawaban Tuhan atas doa saya dan orangtua sebagai ganti biaya pengobatan di rumah sakit

Setelah diskusi kurang lebih 1-2 Jam menggunakan YahooMessenger, Si Kweni meminta 2 paket web sekaligus. Web untuk sebuah partai politik di Ghana dan web untuk kampanye pemilihan presiden di Ghana pada akhir tahun 2008 lalu. Si Kweni menginginkan kedua web tesebut harus sudah siap dalam waktu 3 hari karena dia harus presentasi didepan pemimpin partainya dan tim sukses pilpres beberapa hari kemudian. Setelah mempertimbangkan beberapa menit, saya mengambil keputusan: mengambil kesempatan ini. Dengan tawaran yang begitu menggiurkan, saya benar-benar tak bisa menolaknya.

Akhirnya, 2 web tersebut selesai sebelum tenggat waktu yang diberikan. Tak ada komplain atau perbaikan yang cukup berarti, semua berjalan dengan lancar. Dewan pimpinan partai dan tim sukses kampanye capres tidak mempermasalahkan materi web. Hanya satu koreksi yang harus saya perbaiki waktu itu, yaitu: mengganti logo partai dan foto calon presiden dengan versi terbaru.

Secara personal, barang kali ini negosiasi yangย  sangat menguntungkan. Tapi beda halnya dengan produk akhir. Saya benar-benar tidak puas dengan apa yang saya kerjakan karena saya berpikir bisa menghasilkan produk akhir yang lebih baik. Penasaran seperti apa web senilai $X dari broker politik Ghana? Hehehe…. jangan kecewa karena hasilnya tidak istimewa, atau malah bisa dibilang parah banget. Partai Ayam Jago dan Capresnya

Anda tidak perlu mencibir $X tapi hasilnya tidak maksimal. Harus diakui, saya juga tidak puas dengan produk akhirnya. Maklumlah saya hanya punya waktu kurang dari 3 hari untuk menyelesaikan semuanya. Soal nilai $X yang menurut beberapa teman OVER RATE alias TERLALU MAHAL, itu keberuntungan saya. Saat itu saya sama sekali tidak mematok harga karena si Kweni lah yang menentukan harganya. Dan selama buyer puas saya pikir tidak ada masalah berarti yang perlu diperdebatkan. Toh yang berhak menilai hasil kerja memuaskan atau tidak adalah klien. Pihak lain mau berkomentar sepedas apapun tidak akan mempengaruhi produk akhir yang sudah disetujui loeh klien. Kritik dan saran hanya akan jadi bahan koreksi dan perbaikan pribadi bagi saya untuk kesempatan yang lain.

Dengan hasil yang menurut saya kurang maksimal tersebut semoga saja masih ada parpol, caleg atau capres yang bersedia menggunakan jasa saya. Tidak usah jauh-jauh sampe ke Afrika, dari dalam negeri pun akan saya terima dengan senang hati. Soal harga bisa didiskusikan. Tapi ada satu syarat yang tidak bisa diganggu gugat. Siapapun orangnya, apapun partainya tidak boleh mencampuri urusan dan ideologi politik saya saat pemilu nanti.

Ahhhh… Kapan ya dapat durian tuntuh dari Indonesia? Mumpung musim kampanye nih… ๐Ÿ™‚

20 thoughts on “Durian Runtuh dari Ghana

  1. dp

    Wow, menurut saya “web 3 hari” pun sudah bagus dan informatif. Salut! Kirim URL ke blogprint, mas (eh, ntar nambah saingan ding).

    Reply
  2. males login

    didut terimakasih
    dp lembur 3 hari, habis itu istirahat 3 hari ๐Ÿ™‚
    joe-rock hahahaha masa $X??? gede sih? kan ndak ada nominal angkanya
    mardee iya… mangga yang kecutnya ndak ketulungan
    mizan, ariw, [H]yudee makan-makan? Itu kan sudah setahun kemarin
    mbangsat KWENI bukan orang bodoh, buktinya bisa jadi broker politik capres dan pemilu Ghana. Sana senang, kita tertawa guling-gulingan

    Reply
  3. deden

    Aku sdh liat ke sana, websitenya mister Nduom, beh mungkin beliau dari partai gurem kali yak?

    Lagian wajahnya gahar banget (jadi ingat kawan kerja saya operator bulldozed di camp HPH dulu, om Simon), gimana bisa mengharapkan contrengan warga?

    Reply

Leave a Reply

