Berkarir sebagai Freelancer


Jadi intinya, hampir 1,5 tahun terakhir ini saya berkarir sebagai freelancer sejati di dunia Internet. Selama 1,5 tahun itu saya memperoleh banyak sekali pelajaran. Mulai dari ditipu sama buyer hingga memperoleh klien yang baik luar biasa. Mau tau kelanjutannya???

Memulai karir sebagai freelancer tidaklah susah. Anda hanya perlu mendaftar ke Getafreelancer Rentacoder , Scriptlance, Guru, Joomlancer, osDesk, Elance dan masih banya lagi. Dari beberapa web tersebut pula, saya mulai coba-coba melakukan penawaran. Tiga minggu setelah bergabung dan melakukan penawaran membabi buta ternyata tidak menghasilkan apa-apa. Akhirnya saya mulai mengubah strategi dengan melaukukan penawaran secara selektif dan unik.

Seminggu setelah ganti strategi, penawaran saya mulai ditanggapi. Akhirnya saya memperoleh proyek pertama setelah 4 minggu berjuang yang cuma senialai $10. Proyek pertama berhasil saya selesai dalam waktu kurang dari satu hari dan buyer sangat puas dengan kinerja saya. Beberapa hari kemudian, Buyer yang sama memberikan proyek yang hampir serupa dan dengan rate yang lebih baik. Thank you Victor… Barangkali buyer inilah yang membuka jalan saya untuk eksis di dunia freelancer.

Tapi, tidak semua buyer sebaik Victor. Ada juga buyer yang punya atitude tidak baik. Waktu itu saya mengerjakan proyek Buyer dari India. Semua selesai sebelum jatuh tempo, tapi Buyer tak kunjung membayar sesuai yang dijanjikan. Dia tidak mau melakukan pebayaran sebelum proyek tambahan selesai. Hal ini jelas melanggar kesepakatan awal bahwa proyek tambahan akan di hitung sebagai proyek berbeda. Akhirnya saya mengambil jalur arbitrasi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Setelah melalui proses yang cukup panjang (1,5 bulan) dan njlimet akhirnya pihak pengelola memutuskan saya yang menang dan berhak menerima bayaran yang dijanjikan.

Kini setelah 1,5 tahun saya berhasil menyelesaikan sekitar 60 proyek berbagai skala mulai dari yang senilai $10 hingga diatas $3000 yang tersebar di beberapa web penyedia jasa freelance. Total, sekitar 80 proyek berhasil saya selesaikan baik itu yang melalu perantara freelance job site maupun langsung dari buyer lewat penawaran langsung

Banyak sekali pelajaran berharga yang bisa saya peroleh selama berkarir sebagai freelancer. Beberapa diantaranya adalah masalah managemen, negosiasi dan berkomunikasi dengan orang yang lintas budaya. Jika tidak bisa mengelolanya dengan baik maka hanya kesia-siaan yang akan diperoleh. Menjadi seorang freelancer sejati harus siap menanggung resikonya, misalnya: rela begadang hanya untuk berkomunikasi dengan klien yang berada jauh di benua Eropa atau Amerika

24 thoughts on “Berkarir sebagai Freelancer

  1. sofyanr

    @ bangsat pajak ditanggung Tomi Soeharto. urus tu pajak para cukong kayu pemegang HPH dan tambang batubara

    @ mizan Sini tak ajari Dakon sampe tamat

    @munif itu anu…hmmm anu…

    @didut ide bagus….

    Reply
  2. Pingback: Durian Runtuh dari Ghana | Bukan Blogger

  3. Pingback: Kontes Design Logo GetAfreelancer 2009 | Bukan Blogger

Leave a Reply

