Lenovo DoNetworkID Program dan Jalan Menjadi Inovator


Kalau dipikir-pikir, hidup di zaman sekarang ini sangat enak. Apalagi bila kita kilas balik ke zaman dahulu kala. Waktu itu dunia belum mengenal mobil, listrik, apalagi internet. Pergi kemanapun harus berjalan kaki selama berhari-hari, berkuda, berenang untuk menyeberangi sungai. Mau mengirim pesan ke teman atau kerabat yang jauh, harus menggunakan merpati pos atau kode-kode semacam api, atau asap. Mau mengumumkan sebuah berita penting ke seisi kampung, harus pakai kentongan. Banyak hal menjadi tidak efektif karena keterbatasan “mesin” yang ditemukan

Lenovo Do Network

Lenovo Do Network

Kita harus berterima kasih kepada para inovator yang telah membantu membuat hidup kita jauh lebih baik. Terima kasih kepada Thomas Alva Edison yang telah menemukan lampu listrik. Terima kasih kepada Wright Bersaudara yang telah menemukan pesawat terbang. Terima kasih kepada para inovator lainnya yang jumlahnya terlalu banyak untuk disebut di sini.

Dalam hal teknologi, banyak orang menilai bahwa Indonesia kalah dan ketinggalan dengan negara lain. Hal ini dikarenakan orang-orang Indonesia lebih suka memakai teknologi canggih temuan luar negeri, ketimbang harus pusing membuat temuan-temuan tandingan. Selain itu juga terbatasnya akses dan fasilitas yang mendukung untuk melakukan penelitian. Inilah yang menyebabkan citra bangsa ini sebagai bangsa konsumtif, yang suka sekali belanja dan miskin ide inovatif.

Padahal, jika ditelisik lebih lanjut, penilaian seperti itu tidak sepenuhnya benar. Di antara beratus juta penduduk, ada juga orang-orang Indonesia–tersembunyi dari masyarakat kebanyakan yang memberikan sumbangsih berupa temuan-temuan luar biasa.

Di Indonesia, kita bisa menyebut banyak nama yang telah sukses sebagai inovator. Kita mengenal Tirto Utomo, orang yang pertama yang memproduksi dan menjual air putih dalam kemasan. Terima kasih kepada para perintis internet di Indonesia seperti Pak Onno W Purbo dkk. Indonesia juga mempunyai Habibie yang dikenal oleh sebagai salah satu inovator dalam dunia penerbangan. Dan masih banyak nama lainnya. Lalu, bisakah saya, Anda menjadi seorang penemu juga seperti mereka? Tentu saja bisa. Tak ada yang tidak mungkin selama kita yakin dan mau mencoba.

Kebetulan saat ini ada sebuah program yang bisa menjadi batu loncatan untuk menjadi seorang penemu. Namanya Lenovo DoNetworkID Program. Kompetisi ini sangat menarikSelain menawarkan hadiah senilai $25.000,- program ini juga memberi kesempatan kepada generasi muda untuk berkompetisi secara global. Tim yang terpilih mewakili Indonesia akan berkompetisi denganTim dari Rusia dan India.  Lenovo DoNetworkID Program memberikan 4 kategori lomba yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu:

  1. Mendesign sebuah “classroom in a box” yang bisa dikirim ke daerah terpencil dimana pendidikan berkualitas masih kurang.
  2. Menciptakan solusi baru untuk menjawab masalah kemacetan
  3. Menemukan produk konsumen baru yang dirancang untuk membawa efek positif bagi lingkungan
  4.  Kategori bebas yang tiap peserta bisa berkreasi apapun

Jika tertarik, bentuk tim dari sekarang dan simak jadwal program Lenovo DoNetwork berikut ini:

  • Pendaftaran: 8 Desember 2011 s/d 25 Januari 2012
  • Pemilihan peserta favorit: 5 s/d 25 Januari 2012
  • Finalis: 26 Januari s/d 29 Februari 2012
  • Pengumuman pemenang: 1 Maret 2012

Tim yang terpilih akan dipandu oleh 3 mentor handal di Indonesia, yaitu: Budi Putra (konsultan teknologi), Nurdiansyah (peneliti dan pemerhati pendidikan), Onno W Purbo (independent IT writer).

Info lebih lanjut mengenai Lenovo DoNetworkID Program bisa dibaca di http://bit.ly/t5zUmm

Untuk mendukung program DoNetwork juga bisa menggunakan twibbon di http://t.co/Yae7e1Dt

Advertisements

3 thoughts on “Lenovo DoNetworkID Program dan Jalan Menjadi Inovator

  1. a!

    sekarang makin banyak produk berlomba2 bikin kegiatan serupa. semoga yg menang bukan hanya orang2 pintar dan kaya yg ada di kota, jawa, apalagi jakarta.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s