Mobile Marketing untuk Klub Sepak Bola Indonesia


Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk berkomunikasi. Tapi, ada satu hal yang membuat terjadi revolusi besar dalam cara berkomunikasi, yaitu:  komunikasi menggunakan perangkat  mobile. Sebelum ditemukan telegram dan telepon, kita harus berjalan puluhan bahkan ribuan kilo meter untuk menyampaikan dan menerima pesan. Kini, dengan munculnya ponsel,cara berkomunikasi telah berubah drastis. Banyak orang di Indonesia mempunyai ponsel. Ini adalah sebuah anugerah bagi para pemasar, tak terkecuali yang terlibat bisnis olah raga sepak bola

Menjamurnya smartphone mestinya menjadi kesempatan besar bagi klub untuk selalu dekat dan berinteraksi dengan suporter. Sebagai penggila sepak bola, saya selalu ingin tahu kabar terbaru tim kesayangan. Mulai dari informasi jadwal pertandingan, informasi kondisi pemain, profil pemain, video preview, analisis pertandingan, isu transfer pamain dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa strategi mobile marketing yang menurut saya bisa diterapkan di dunia sepak bola

Mobile Website

Hampir semua klub di Indonesia saya kira belum banyak yang memanfaatkan ponsel untuk menjangkau suporter. Dengan kekuatan jangkaun yang luar biasa, ponsel bisa menjadi ladang bisnis yang luar biasa. Sebuah klub bisa mendapatkan loyalitas luar biasa jika bisa memadukan pesan personal dan keunggulan teknologi mobile.

Saat ini, ribuan suporter klub PERSIJA, PSIS, PERSIPURA, PERSEBAYA dll tidak memiliki akses ke komputer. Kebanyakan suporter fanatik mengakses internet melalui perangkat mobile. Masalahnya adalah tidak semua website bisa ditampilkan dengan benar pada ponsel yang meiliki layar kecil. Oleh karena itu sangat penting untuk memiliki web yang bisa diakses suporter menggunakan ponsel.

Mobile Application

Di era modern, perkembangan pengguna smart phone makin meningkat. Dengan kemajuan teknologi, smartphone bisa menggeser peran komputer sebagai tools untuk mengakses informasi dan hiburan. Saat ini ada jutaan orang menggunakan aplikasi mobile sekadar untuk hiburan atau mengisi waktu luang. Sebuah kesempatan yang bagus jika klub mempunyai aplikasi khusus yang bisa diakses oleh suporter saat sedang mengantri bus kota, saat terjebak kemacetan, dll.

Keunggulan mobile application adalah kekayaan fitur yang ditawarkan. Bagi sebagian orang, membuka mobile website standar mungkin sangat menjemukan. Mereka butuh sesuatu yang lebih tapi juga bisa diakses kapanpun dengan ponsel. Keunggulan itulah yang ditawarkan aplikasi mobile. Suporter bisa mengakses informasi, timeline, fan page, video pertandingan, galleri foto, jadwal pertandingan dll dalam satu paket aplikasi. Sederhana, tapi sangat disukai oleh suporter.

Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi untuk suporter AC MILAN yang saya buat untuk platform ANDROID dan sudah tersedia di GOOGLE PLAY.

image

 

SMS dan Instant Messenging

Di Indonesia, SMS dan Instant Messenging (BBM, WhatsApp, Line, dll) adalah layanan yang paling banyak digunakan dan disukai. Dengan tarif yang semakin murah, bisa menjadi andalan untuk tetap terhubung dengan suporter. Klub bisa menggunakan SMS dan BBM untuk mengirim pesan tentang apa yang terjadi di klub. Klub juga dapat menggunakan sistem ini untuk mengirim pengingat tentang jadwal pertandingan, mengucapan selamat hari raya kepada fans dll.

Dengan SMS dan Instant Messenging  klub bisa terus menjalin komunikasi dengan suporter. Sentuhan personal yang hadir di ponsel suporter bisa menggugah emosi suporter dan jadi trigger yang luar biasa

Theme

Saat ini, hampir semua smartphone menawarkan fasilitas personalisasi. Tiap pengguna bisa mengubah tampilan gadget mereka. Klub semestinya juga melirik kesempatan ini. Klub bisa merilis theme resmi untuk BB, Android, iphone dll yang bisa didownload oleh suporter. Design yang unik dan dirilis resmi dari klub sudah pasti akan banyak diminati oleh suporter.

Sebuah theme yang unik juga bisa menaikkan brand sebuah klub sebagai sebuah merek dagang. Nama dan logonya menjadi makin banyak dikenal.

Ringtone

Lagu dan musik adalah salah satu hal yang paling disukai oleh siapapun dan dimanapun, tak terkecuali suporter bola. Musik bisa diterima oleh segala lapisan masyarakat. Bukan hal yang aneh, yel-yel yang diteriakkan oleh suporter bisa membangkitkan semangat siapa saja yang mempunyai keterikatan emosional terhadap sebuah klub.

Lagu dan yel juga bisa menjadi penanda yang unik untuk masing-masing klub sepak bola. Tiap klub mempunyai yel dan lagu-lagu yang sering dinyanyikan oleh suporer saat pertandingan berlangsung. Dengan menyertakan ringtone yel, suporter bisa selalu merasa dekat dengan tim kesayangan, tak peduli sedang di laut atau diluar angkasa sekalipun

Itulah beberapa strategi mobile marketing yang bisa digunakan oleh klub sepak bola untuk memperkuat basis suporter. Dengan strategi yang tepat, mobile marketing bisa menjadi alternatif pemasukan dana bagi klub.

Beberapa klub di luar negeri sudah banyak memanfaatkan teknologi mobile sebagai bagian dari strategi marketing.

Klub memanfaatkan mobile marketing untuk menjaring sponsor potensial. Mulai dari iklan banner di web site mobile, pemasangan logo di mobile application dan theme hingga kombinasi jingle produk dengan yel yang dikemas dalam bentuk mp3 dan ringtone yang bisa didownload.

Salam olah raga

Advertisements

2 thoughts on “Mobile Marketing untuk Klub Sepak Bola Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s