Aplikasi Android dalam Angka


Lima tahun lalu, NOKIA adalah rajanya handphone. Pabrikan asal Finlandia ini mendominasi penjualan handphone secara global. Kini, peta persaingan produsen handphone sudah banyak berubah terutama untuk katregori smartphone. Pada posting ini saya akan menyajikan data-data statistik “versi saya” berdasarkan jumlah pengunduh aplikasi Android yang sudah saya rilis.

Saat ini saya sudah merilis belasan aplikasi Android baik yang telah resmi beredar di Google Play maupun yang tidak di publish. Beberapa aplikasi merupakan “pesanan” dari pihak lain dan didistribusikan dengan menggunakan akun Google Play yang berbeda pula. Semua data dalam tulisan ini berdasarkan data jumlah pengunduh semua aplikasi android yang telah saya buat dan ada di Google Play. Jumlah total pengunduh aplikasi kurang lebih 70 ribu pengunduh dalam rentang waktu 1 Januari 2012 – 15 Agustus 2012

 

Dominasi SAMSUNG

Pertama kali melihat data statistik di Google Play, saya benar-benar terkejut. Gadget SAMSUNG dengan berbagai variannya menempati posisi teratas jumlah pengunduh semua jenis aplikasi yang sudah saya rilis. Angkanya bervariasi, mulai dari 30 – 65 % tergantung aplikasi.  Posisi kedua dan ketiga ditempati oleh MOTOROLA dan HTC dengan selisih yang sangat jauh. Kedua produsen ini masing-masing tak lebih dari 15%. Sebuah angka yang sangat mengejutkan bagi saya.

Saat ini, beberapa produk smartphone dan tablet Samsung dilarang beredar di Amerika. Meskipun demikian, ternyata Samsung  masih mampu bersaing ketat dengan MOTOROLA di Amerika. Dalam beberapa aplikasi, jumlah pengunduh aplikasi yang menggunakan Samsung menempati posis terats di Amerika yang tidak lain merupakan “kandang” MOTOROLA. Luar biasa…

Sistem Operasi Android

Berdasarkan sistem operasi yang digunakan, mayoritas pengguna smartphone Android menggunakan GingerBread (2.3.x), Ice Cream Sandwich (4.0.x) dan Froyo (2.2). Sekitar 60 % pengguna menggunakan GingerBread, 15-20 % menggunakan ICS atau Froyo (10 %). Sisanya sekitar 10% menggunakan OS Android jenis lain. Hal ini tidak mengejutkan mengingat semua produsen smartphone mayoritas menggunakan ketiga OS tersebut.

Jika diamati lebih detail, terlihat jelas popularitas tablet makin hari makin meningkat. Dari bulan JANUARI – FEBRUARI, pengguna tablet yang mengunduh aplikasi Android yang saya rilis tak lebih dari 5%. Tapi mulai bulan JULI – AGUSTUS, pengguna tablet naik menjadi sekitar 7%

Operator Lokal

Data selanjutnya yang berhasil saya peroleh adalah jenis operator yang digunakan oleh pengunduh aplikasi. Operator yang saya maskud hanya operator lokal di Indonesia. Saat ini, di Indonesia ada beberapa operator seluler yang beroperasi. Namun hanya 3 operator yang paling sering digunakan user untuk mendownload aplikasi android yang saya rilis, yaitu: TELKOMSEL, XL dan INDOSAT. Diluar ketiga operator tersebut, volume aktivitas pengunduh sangat kecil.

Dari ketiga operator besar di Indonesia, pengguna Telkomsel dan XL merupakan operator paling aktif mendownload aplikasi android. Persaingan keduanya sangat ketat. Prosentase pengunduh aplikasi dengan menggunakan operator Telkomsel sekitar 35%,  XL 30%, dan Indosat tak lebih dari 20%.  Sisanya sekitar 15% menggunakan operator yang lain untuk mendownload aplikasi. Selama rentang waktu Januari – Agustus tampak bahwa pengguna Telkomsel dan XL saling susul menyusul dalam aktivitas jumlah pengunduh aplikasi.

Kesimpulan

Dari data-data yang berhasil saya himpun, berikut adalah poin-poin penting yang saya anggap penting:

  • SAMSUNG kini benar-benar menjadi pemain utama dalam pasar smartphone android.
  • Popularitas android tablet makin meningkat. Dalam kurun waktu 6 bulan pengunduh aplikasi menggunakan tablet meningkat hampir 2 kali lipat
  • Hingga saat ini, jenis OS android yang paling banyak digunakan adalah GingerBread, ICS dan Froyo, sekitar 90-95% .
  • Untuk membuat aplikasi di Android, setidaknya aplikasi harus berjalan di GingerBread, ICS dan Froyo dan setidaknya kompatible dengan device Samsung, HTC dan Motorola
  • Di Indonesia, pengguna Telkomsel dan XL adalah yang paling aktif mengunduh aplikasi android di Google Play. Persaingan keduanya sangat ketat.

NOTE: Data yang saya peroleh mungkin akan berbeda dengan data yang diperoleh oleh developer lain di Indonesia.

5 thoughts on “Aplikasi Android dalam Angka

Leave a Reply

