Nokia Lumia 610


Ceritanya seminggu terakhir ini saya mencoba HP Nokia Lumia 610. HP ini bukan hasil beli, tapi pinjaman dari salah satu teman yang kelebihan gadget. Ya daripada nganggur, akhirnya dipinjemkan ke saya. Dan berikut ini adalah review personal saya tentang Nokia Lumia 610 yang dirilis pertengahan tahun 2012.

Nokia Lumia 610

Nokia Lumia 610 adalah HP seri Lumia pertama yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 7.5. Jujur saja, saya belum pernah mencoba handphone dengan OS WIndowsPhone sebelumnya. Saya biasanya menggunakan HP Android. Maka dengan senang hati saya mencoba hape ini untuk dievaluasi lebih detail.

DESAIN
Berdasarkan info dari web resmi NOKIA, Nokia Lumia 610 hadir dengan 4 warna: Hitam, Magenta, Cyan dan Putih. Desainnya cantik dan seksi, sangat sesuai dengan target market kalangan muda dan pelajar. Cassing dari Nokia Lumia 610 terbuat dari bahan plasti dan diberikan sentuhan stainless steel supaya terlihat kokoh. Bagian depan berupa layar 3.7 inci. Bagian bawah layar terdapat tiga tombol: Back, Home dan Menu. Sementara bagian belakang bodi terdapat kamera, speaker, flash light.  Di sisi atas ada jack audio dan charger sementara di  sisi samping ada tombol volume, power/lock dan shuter. Saya suka dengan bentuknya yang tidak kaku. Lekukan di sudut dan bodi ibarat wanita Spanyol yang seksi… Benar-benar menggoda.

LAYAR
Nokia Lumia 610 memiliki layar TFT kapasitif ukuran 3.7 inci dengan resolusi 800×480 piksel dan disertai dengan anti Gorilla Glass. Jadi tidak perlu khawatir dengan goresan. Layar tetap jernih meski di bawah sinar matahari. Sangat berbeda dengan layar handphone beberapa tahun silam yang layar tidak jelas saat di bawah matahari.

ANTARMUKA
Saya benar-benar kepincut dengan desain antar muka WindowsPhone 7,5. Desain metro style dan kota-kota benar-benar terkesan cerah dan fun banget. Benar-benar beda banget desainnya jika dibanding dengan OS lain. Layar dengan konsep grid 2×4 yang biasa disebut live tile menurut saya sangat keren. Cocok dengan tagline Beautifully different. ANimasi dan transisi di layar juga cukup smooth.

KAMERA
Saya kira disinilah letak kelemahan Nokia Lumia 610. Dengan kamera utama 5MP dengan lensa auto fokus dan lampu kilat, hasi bidikan didalam ruangan kurang begitu bagus bahkan warna yang dihasilkan kurang natural dan terlihat pucat. Untuk kualitas diluar ruangan, hasil bidikan bisa diperbaiki dengan bantuan pencahayaan yang banyak. Ya harus pintar-pintar mengambil angle dan memanfaatkan pencahayaan

APLIKASI
Soal dukungan aplikasi, gak usah khawatir. Ada banyak aplikasi yang siap diunduh baik yang gratis maupun yang berbayar di Windows MarketPlace. Saya mencoba beberapa aplikasi yang berhubungan dengan Social Media seperti twitter klien, email, dll. Awal menggunakan saya agak canggung selain tampilan dan flow aplikasi yang agak beda dengan di Android. Seling salah ketik karena keyboard yang terlalu kecil untuk jari-jari saya. Beberapa kendala memang ada, terutama soal adaptasi karena sebelumnya menggunkan OS yang lain

KINERJA

Dari keseluruhan hasil evaluasi, Nokia Lumia 610 cukup baik. Kelemahan utama ada pada kualitas kamera. Selebihnya, desain yang cantik, antar muka yang mempesona, dukungan menu dengan Bahasa Indonesia membuat HP ini layak dipertimbangkan. Ditambah aplikasi pendukung yang cukup banyak (meski belum sebanyak di Google Play dan AppStore) cukup untuk pengguna kebanyakan. Model dan spesifikasi cocok banget untuk anak muda yang gaul

Advertisements

One thought on “Nokia Lumia 610

  1. Pingback: Setup Gmail di Windows Phone 7.5 | Sofyan R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s