Setup Gmail di Windows Phone 7.5


Petualangan saya bersama Windows Phone 7.5 terus berlanjut. Setelah mencoba dan mereview Nokia Lumia 610, sekarang waktunya mengulik beberapa hal biar smartphonenya benar-benar pinter. Percuma dong pakai smartphone tapi tidak bisa memanfaatkan kelebihannya secara maksimal. 

Kali ini saya akan membagi tips singkat cara menambahkan email ke smartphpone dengan Windows Phone 7.5. Email adalah salah satu fitur yang paling sering saya dipakai. Sehari bisa bolak-balik cek email lebih dari 10 kali. Salah satu email client yang saya pakai adalah Gmail. Jangan tanya berapa banyak email yang pernah saya buat di Gmail. Saya saja sudah lupa karena saking banyaknya… :))). Untuk menyingkat waktu, berikut ini adalah cara setup Gmail di Windows Phone 7.5:

  1. Dari halam utama Start, flick ke kiri menuju ke App
  2. Pilih menu Setting yang bergambar roda bergerigi (gear)
  3. Tap/tekan menu account + Email.
  4. Tap Add Account > Google.
  5. Tekan Email Address, dan kemudian ketik nama akun email.
  6. Tekan Password, kemudian ketik password kamu. Sssttt… jangan sampai orang lain tahu passwordmu, bisa bahaya
  7. Tekan tombol Sign In.
  8. Sudaaaahhhh….!!!!
Kalau  melakuakan langkah-langkah tersebut dengan benar, maka kamu bisa mengakses email Gmail dari device Windows Phone.

Jika kamu menggunakan akun Google Apps dan ingin melakukan sinkronisasi kalender ke device, kamu harus mengaktifkan pengaturan Google Sync pada panel administrator kontrol Google Apps. (Ingat, kamu harus memiliki akses administratif untuk masuk ke panel kontrol Google Apps administrator). Gimana caranya, nanti akan saya kasih tahu caranya lebih lengkap. Untuk sementara, pakai aja kalender cetak yang ada… :p

Leave a Reply

