Review LG Optimus L9


LG adalah salah satu perusahaan Korea yang sedang giat memproduksi smartphone Android. Produk terakhir yang saya coba adalah LG Optimus 9. Ketika pertama kali kali melihatnya, smartphone ini memiliki layar yang cukup besar. Smartphone ini menawarkan desain elegan dengan fitur-fitur yang terbilang bagus di kelasnya.

Setelah merasakan langsung, ternyata LG Optimus L9 terbilang smartphone Android yang tipis (9,1 mm) dan ringan jika dibandingkan dimensi layarnya yang lebar. Desainnya simple (kotak) dengan bentang layar hingga 4,7 inchi. Layar menggunakan Gorilla Glass, jadi tidak perlu khawatir dengan goresan. OS standar bawaan menggunakan Android Ice Cream. 

BB10 Dev Alpha Vs LG Optimus L9: Dimensi hampir sama

Dibalik desain yang minimalis, Optimus L9 dibekali lumayan lengkap fasilitas untuk smartphone. Mulai dari layar anti gores, Kamera utama 5MP dan satu kamera  di depan, prosesor 1G Hz, OS Android ICS, RAM 1G, dll.
Fitur: Kamera
Buat yang suka fotografi, LG Optimus L9 dilengkapi kamera dengan resolusi 5 megapixels dengan autofokus dan LED flash. Sudah cukup dengan kebutuhan saya yang hobi mobile fotografi. Saya bukan fotografer pro, jadi dengan kamera 5MP sudah cukup untuk menyalurkan hobi jeprat-jepret dan kemudian mengunggahnya ke instagram atau social media yang lainnya.
Pengaturan standar yang bisa dilakukan pada kamera antara lain ISO, Scene (normal, portrait, landscape, sunset), timer, geotagging, white balance dan efek warna, shutter sound dan auto review. Sebagai tambahan ada mode Panorama dan Continous shot, namun resolusi diturunkan menjadi VGA saja. Untuk membidik obyek, kamera sudah dilengkapi touch to focus. Jadi bisa menentukan titik fokus dari obyek foto. Sementara untuk kamera sekunder di bagian depan, LG Optimus 9 menggunakan kamera masih standar VGA.
Saya cukup puas dengan hasil rekam video yang dapat mencapai 1080p (high definition). Selain itu juga ada pilihan 720p jika diperlukan untuk menghemat kapasistas penyimpanan. Menu-menu pendukung dalam rekam video adalah white balance, efek warna,brightness, audio recording, flash, geo tagging, Silly Face dan Background. Silly face memadukan  face detection dan mengubah wajah Anda menjadi bermulut besar, bermata besar dan lain-lain.

Hasil Foto malam hari dengan flash

Hasil foto siang hari (indoor) tanpa flash

Fitur: Quick Translator
Salah 1 fitur yang menarik adalah quick translator. Dengan aplikasi ini, tidak perlu susah lagi menerjemahkan kalimat atau kata dari bahasa asing. Cukup jalankan aplikasi dan arahkan kamera ke arah obyek tulisan yang ingin diterjemahkan, beberapa detik kemudiansudah ketahuan hasilnya. Tidak perlu mengetik, karena aplikasi ini mengusung OCR (optical character recognition) yang bisa mengenali tulisan. Saya sudah mencoba untuk menerjemahkan tulisan di koran, majalah, atau kalimat di web dengan aplikasi ini dan hasilknya cukup memuaskan. Quick Translator mampu menerjemahkan 44 bahasa ke 64 bahasa, termasuk diantaranya Bahasa Indonesia. Asik kan…
Fitur: Musik dan Radio
Fitur pemutar musik adalah Google Play Music. Pemutar musik ini memiliki fitur Like/Dislike, membagi menjadi beberapa kategori seperti Playlist, album, song dan lain-lain. Ada efek equalizer baik settingan sendiri maupun settingan biasa seperti Pop, Rock, Jazz, Dance dan sebagainya. Keluaran suara dari loudspeaker cukup kencang meski kualitasnya biasa saja.
Selain itu, Optimus L9 juga dilengkapi dengan aplikasi Radio FM dengan headset sebagai antena. Selama percobaan, cukup mudah menggunakan aplikasi radio bawaan dari LG. Kita bisa melakukan scanning frequensi radio secara cepat. Tentu saja kualitas suara tergantung banyak faktor, misalnya kualitas sinyal pemancar radio, kualitas headset, dll. Cukup bermanfaat bagi saya yang hobi mendengarkan musik dan sesekali mendengarkan radio lokal di Semarang
Daya Tahan Baterai 
Bataerai adalah salah satu aspek penting yang saya pertimbangkan dalam memilih smartphone. Sebagai pengguna yang sangat aktif dan mobile saya memerlukan smartphone yang mempunyai daya tahan baterai cukup memadai. LG Optimus L9 dibekali dengan baterai dengan kpaasitas 2150mAh.
Selama percobaan, saya sengaja mengaktifkan layanan data dengan menggunakan jaringan 3G. Saya tetap beraktifitas seperti biasa, berpindah-pindah lokasi dari satu tempat ke tempat lain dan menggunakannya sebagai perangkat utama saat mengakses internet secara mobile. Termasuk ngetwit, baca email, membaca email, main instagram, dll. Hasil pengujian menunjukkan baterai LG Optimus L9 bisa bertahan kurang lebih 6 jam dengan kondisi awal baterai terisi full.
Sebagai pembanding, berikut ini saya sertakan hasil pengujian baterai dari GSMARENA
LG-Optimus-L9 Baterai

Dengan harga jual Rp 3,2 – 3,4 juta, smartphone LG Optimus L9 ini cukup memuaskan dari fitur dan fasilitas yang didapatkan. Sebut saja layar lebar 4,7 inchi, dual core prosesor, koneksi broadband, kamera 5 Mpix, NFC, dll. Dari hasil uji coba, Optimus L9 tampil cukup memuaskan untuk harga di kelasnya.
Advertisements

One thought on “Review LG Optimus L9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s