Christina and Her Wallet


Seminggu lalu, aku menerima pesan melalui instagram dari mahasiswa Jerman bernama Christina, yang sedang berada di Semarang. Dalam pesan singkat via DM instagram, Christina bercerita tentang nasib malang yang dialami sehari sebelumnya.

christina-1

Yupp… Christina kehilangan dompet, kredit card, student card dan ID Card Jerman miliknya. Tentu saja ini bisa menjadi masalah serius mengingat dia adalah warga negara Jerman yang sedang berada di negara lain. Bayangkan saja, Anda sedang bepergian ke luar negeri, jauh dari keluarga dan teman. Kehilangan ID card adalah bencana

Perlu diketahui, aku belum pernah sekalipun bertemu dengan Christina sebelumnya. Entah kesurupan jin atau dapat wangsit darimana dia menghubungiku. Secara matematis, kemungkinan terjadi hanya 0.0001% saja mengingat ada ratusan ribu pengguna instagram di Semarang.

christina-2

Setelah menerima pesan singkat via DM Instagram, aku mengajukan beberapa pertanyaan soal kronologi. Kendala bahasa dan pemahaman geografis jadi masalah utama. Christina tidak bisa menjelaskan dengan detail daerah mana saja yang dia kunjungi/lewati saat kejadian. Setelah diskusi melalui telpon dan dengan bantuan translator, barulah diketahui ke mana saja Christina saat hari kejadian. Masalah kedua, Christina tidak punya foto dompetnya yang hilang. Dia hanya memberikan informasi sangan sedikit, yaitu dompet warna hitam, seukuran buku tulis. Informasi yang sangat terbatas.

Aku menyarankan Christina agar segera melaporkan kejadian ke polisi. Dan jika perlu segera menghubungi keluarga di Jerman, kedutaan besar Jerman dan memblokir kartu kreditnya secepatnya. Sedangkan aku akan membantu menyebarkan informasi kehilangan dengan memanfaatkan jaringan social media, forum dan grup lokal untuk memperluas jaringan

Nasib sial yang menimpa Christian dengan cepat menyebar. Berbagai komentar, pertanyaan dan saran aku terima selama kurang lebih 24 jam berikutnya. Ada ratusan feedback yang aku peroleh. Setiap info yang masuk aku komunikasikan lagi dengan Christina

Selama kurang lebih 24 jam, aku menerima kabar tentang penemuan berbagai macam barang di Semarang. Setelah melakukan filter terhadap informasi yang masuk hanya ada 2 yang aku kategorikan cukup relevan.

Pertama, ada yang melaporkan menemukan dompet warna hitam. Setalah melakukan verifikasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan ternyata hasilnya tidak sesuai. Dompet warna hitam ditemukan di daerah Ngaliyan. Sayang tidak ada identitas sehingga susah memastikan apakah dompet yang dimaksud benar atau tidak. Ditambah lokasi penemuan dompet yang tidak sesuai dengan kronologi semakin membuatku yakin bahwa itu bukan dompet yang dimaksud

img_1485908311057

Foto dompet yang ditemukan

Kedua, pagi hari sekitar jam 10 ada yang melaporkan menemukan dompet warna hitam di sekitar Simpang 5. Lokasi dan ciri-ciri sangat sesuai. Setelah pengecekan, ternyata dompet itu sesuai dengan apa yang dideskripsikan. Didompet juga ditemukan ID card atas nama Christina. Yaapp….akhirnya ada titik terang. Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah bagaimana caranya agar dompet bisa kembali ke pemilik dengan selamat.

Satu-satunya hal yang membuat saya khawatir adalah, orang yang menemukan dompet memanfaatkan situasi dengan melakukan tindak pemerasan. Jika hal ini terjadi, akan memperbesar masalah. Cerita soal warga Jerman yang diperas di Semarang akan menjadi kabar buruk dan aku tidak menginginkan hal itu terjadi.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal, saya menyarankan agar dompet dan isinya diserahkan ke pihak berwajib. Baru kemudian Christina akan mengambilnya untuk mengurangi resiko.

screenshot_2017-02-01-19-57-59-121_com-instagram-android0101

Christina and Her Wallet

Setelah 36 jam sejak komunikasi pertama via DM Instagram, akhirnya dompet dan isinya berhasil kembali kepada pemilik yang sah. Kesimpulannya, selain bisa digunakan untuk media promosi dan menyebar kabar hoax, social media juga bisa digunakan untuk membantu menemukan barang yang hilang.

francisxaviersta-1485506839616

Christina dan teman-temanya lagi nongkrong

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s