6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berlibur di Dieng


dieng-plateau-800x480Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Pulau Jawa. Tiap musim liburan Dieng selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Obyek wisata di Dieng termasuk sangat lengkap. Wisatawan bisa menikmati keindahan alam seperti pegunungan, danua ataupun situs-situs peninggalan sejarah yang berusia lebih dari seribu tahun. Beberapa obyek wisata unggulan misalnya, Telaga Warna, Telaga Menjer, Komplek Candi Arjuna yang diduga sebagai komplek candi tertua di Pulau Jawa, hingga berburu sunrise di puncak Sikunir. 

 

Dieng di pagi hari saat musim kemarau. Suhu nol derajat bukan hal yang aneh

A post shared by Sofyan R (@sofyanr) on

Dengan ketinggian rata-rata sekitar 2.000 m di atas permukaan laut, suhu udara Dieng relatif cukup dingin bagi sebagian besar orang Indonesia yang tinggal di daerah khatulistiwa. Suhu berkisar 12—20 °C di siang hari dan 6—10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari.

Dengan keadaan cuaca dan geografis tersebut, wisatawan perlu melakukan persiapan sebelum memutuskan berlibur di Dieng. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh pengunjung

Mengenal Dieng

Persiapan Fisik dan Mental
Ini adalah hal yang paling penting dan mendasar saat memutuskan liburan ke Dieng. Sebelum pergi ke Dieng, wajib mempersiapkan kondisi fisik dan mental. Suhu di Dieng cukup dingin, jika tidak hati-hati wisatawan bisa jatuh sakit saat sedang liburan

Kemas jaket tebal, sarung tangan, dan penutup kepala ke dalam tas yang akan dibawa. Jika biasanya kamu hanya butuh membawa 3 helai baju untuk perjalanan 2 hari 1 malam, khusus untuk perjalanan ke Dieng disarankan untuk membawa baju lebih dari kebutuhan. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa pelembab seperti cream wajah, lotion, dan lip balm. Udara yang dingin bisa menyebabkan kulit badan dan bibir kering atau bahkan mengelupas. Tentu tidak nyaman bukan jika liburan terganggu karena urusan penampilan?

Penginapan

Sebagai tempat wisata yang populer, di Dieng terdapat banyak homestay yang bisa digunakan untuk istirahat. Homestay kebanyakan dikelola oleh warga lokal dan harganya bervariasi, mulai dari 150 ribu hingga 350 ribu per malam. Semua tergantung fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan. Hal wajib yang harus diperhatikan saat memilih homestay adalah harus dilengkapi dengan fasilitas air panas.

Homestay-Anemon

Homestay Anemon, Desa Dieng Kulon

Urusan Perut

Untuk urusan perut, biaya makan di Dieng bisa dibilang cukup murah. Harga untuk sekali makan berkisar antara Rp 10.000 – Rp 25.000. Akan tetapi karena masih banyak rumah makan yang tidak menyediakan daftar harga, ada banyak wisatawan yang mengaku membayar lebih dari kisaran harga yang ditetapkan. Agar  tidak kena “tipu”, pastikan bertanya harga makanan sebelum memesan. Kuliner wajib yang harus dicoba adalah Mie Ongklok dan Purwaceng yang terkenal sebagai makanan khas Dieng

Transportasi

Saat ini, transportasi umum di Dieng masih cukup terbatas dan hanya beroperasi hingga jam 7 malam. Untuk menyiasatinya dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, wisatawan dianjurkan sudah sampai di penginapan sebelum jam 7 malam. Karena keterbatasan transportasi umum, pengunjung disarankan untuk menyewa atau membawa kendaraan pribadi saat berkunjung ke Dieng. Selain itu, pengunjung juga disarankan untuk mengurangi aktivitas bepergian selepas jam 22:00. Selain masalah transportasi, masalah cuacac juga menjadi pertimbangan khusus yang harus diperhatikan.

Bahasa dan Budaya

Hampir 100% masyarakat Dieang adalah keturunan suku Jawa. Sehingga bahasa dan kebudayaan yang berkembang di Dieang tidak jauh beda dengan bahasa dan kebudayaan suku Jawa. Pengunjung yang mempunyai kemampuan Bahasa Jawa tidak akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dengan masyarakat Dieng. Perbedaan mendasar ada pada pada dialek yang digunakan.

Obyek Wisata Unggulan

Di Dieng ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Beberapa obyek wisata yang masuk daftar top list untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

petadieng

  • Puncak Sikunir terletak di Desa Sembungan, yang menjadi spot favorit untuk menikmati sunrise. Untuk mendapatkan pemadangan proses matahari terbit, pengunjung disarankan datang saat musim kemarau (bulan Juli – Oktober) dan harus sudah berada dipuncak bukit Sikunir sebelum jam 4:30 pagi. Untuk mencapai puncak Sikunir diperlukan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki dari bawah bukit.
Golden Sunrise di Sikunir

Golden Sunrise di Sikunir

  • Telaga Warna terletak pada ketinggian 2000 mdpl, dimana pemandangan di tempat ini sangat indah. Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan telaga atau waduk lainnya di Indonesia. Keunikan telaga Warna Dieng ini adalah terletak pada warna air yang sering berubah ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Fenomena alam yang unik di Telaga Warna Dieng ini kaena di telaga ini mengandung sulfur yang cukup tinggi. Sulfur ini apabila terkena cahaya matahari maka akan menimbulkan warna yang lain.

A post shared by Sofyan R (@sofyanr) on

  • Telaga Pangilon, merupakan telaga yang terletak bersebelahan dengan Telaga warna di Dieng plateau. Uniknya meskipun terletak berdekatan, wisata Dieng Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Telaga Pengilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti pada Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon ini, dimana terdapat telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.
  • Kawah Sikidang. Kawah ini memiliki luas sekitar 200 m2 serta terdapat pada tanah yang datar sehingga pengunjung dapat dengan jelas melihat gumpalan-gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Namun hati-hati ya, karena sama seperti kawah pada umumnya, di Kawah Sikidang ini juga mengandung kadar belerang yang tinggi, sehingga untuk menjaga keamanan pengunjung pengelola sudah membangun pagar pembatas di sekitar lokasi kawah, meskipun hanya menggunakan kayu.
IMG_20150801_115440

Kawah Sikidang

  • Komplek Candi Arjuna. Sebenarnya di lokasi ini tidak hanya Candi arjuna saja, namun juga terdapat candi lainnya seperti Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga kompleks ini dikenal dengan kompleks percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang pernah ditemukan, Candi arjuna dibangun pada abad ke-8 M dan merupakan komplek candi tertua di Jawa.
  • Batu Ratapan Angin merupakan sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorite pengunjung wisata Dieng karena dari tempat ini dapat melihat Telaga warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian. Namun karena letaknya cukup tinggi, butuh tenaga ekstra untuk mencapai tempat ini. Batu Ratapan angin ini juga sering disebut dengan Batu Pandang Dieng.
  • Dieng Plateau Theater merupakan sebuah bangunan yang cukup megah di Kawasan Dieng dimana di tempat ini dijadikan sebagai tempat penayangan film dokumenter tentang Dieng Plateau. Dieng Plateau Theater memiliki kapasitas 60 tempat duduk. Film dokumenter yang ditayangkan adalah berjudul Bumi Kahyangan dieng Plateau dengan durasi 20 menit
  • Museum Kailasa. Selain Dieng Plateau Theater, inilah tempat yang harus dikunjungi sebelum mengeksplorasi kawasan Dataran Tinggi Dieng. Museum Kailasa terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan Dieng. Mulai dari sejarah, catatan kehidupan masyarakat, kebudayaan, sistem kepercayaan, flora dan fauna.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s